Home Blog Artikel Keunikan Patina Kulit Asli dan Efeknya Pada Bahan Kulit

Keunikan Patina Kulit Asli dan Efeknya Pada Bahan Kulit

Patina kulit asli

Patina kulit asli – Jika anda orang yang menyukai barang-barang berbahan kulit asli tentu sudah tidak asing lagi dengan kata patina. Pada dasarnya patina adalah corak tampilan pada kulit yang akan berubah seiring berjalannya usia. Efeknya akan terlihat lebih sempurna dan menyajikan tampilan yang sempurna.

Semua itu akan terjadi melalui proses yang panjang dan durasi waktu yang ditempuh. Hal ini penting dan menarik untuk dijelaskan lebih jauh karena alasan yang perlu diketahui. Bahwasanya tidak semua jenis patina itu memiliki efek yang baik dan memiliki karakteristik tersendiri.

Secara umum semakin tinggi kualitas kulitnya maka akan semakin baik patina yang dihasilkan. Lebih jelasnya akan kami berikan penjelasan secara fisik dimulai dari proses perubahan warna yang biasa disebut “patina“.

Kamu Harus Tau, Apa itu PATINA Kulit Asli ?

Kesan glowing atau berkilau pada bahan kulit asli yang mengalami patina biasanya terlihat. Hal ini dikarenakan permukaan kulit bersentuhan dengan material lainnya selama digunakan. Biasanya juga ditentukan sesuai karakter dan aktivitas anda dilingkungan sekitar.

Meskipun patina juga bisa merujuk ke material seperti logam dan kanvas, akan tetapi biasanya patina yang diinginkan setiap individu yaitu pada bahan kulit asli. Kesan yang lebih cantik akan semakin terlihat seiring dengan kualitas bahan kulit yang digunakan.

Sebenarnya patina pada kulit ini adalah manifestasi untuk waktu yang sangat lama dan tidak terkekang oleh waktu. Kepuasan tersendiri dan sebagai teman sejati untuk menemani hidup anda. Karena penting untuk dipahami dengan baik. Semua bahan kulit asli pasti akan mengalami proses apa yang disebut dengan “patina”. 

Jangan sampai anda tidak tahu bahwa proses ini memang alami dan wajar terjadi pada bahan kulit asli ? Yuk simak penjelasannya dibawah

“PATINA” Pada Bahan Kulit Asli

Dunia fashion sekarang ini berkiblat pada banyak produk kulit. Mungkin karena semakin lama orang orang mencari kualitas dari produk fashion yang awet. Bahan kulit sendiri semakin banyak digunakan untuk pesanan berbagai barang-barang aksesoris.

Semakin lama bahan kulit digunakan maka akan semakin elegan dan bagus. Karena akan ada proses perubahan pada bahan kulit seiring berjalannya waktu yang disebut dengan “patina” .

Menurut beberapa pengrajin lokal di Magetan patina adalah

proses perubahan yang dialami oleh kulit pada tekstur dan warna kulit sesuai pada tingkat penggunaan dan dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekitar”

Dengan kata lain untuk proses patina kulit asli tersebut berjalan secara alamiah. Hal itu akan membuat anda semakin paham dan jelas dengan melihat gambar dibawah ini.

Patina kulit unik
“Sebelum” dan “Setelah”

Sama halnya dengan bahan denim mentah yang menjadi favorit bagi pecintanya sampai saat ini. Bahan kulit juga akan mengalami penuaan dengan “patina”. Efek pada kulit ini bukanlah hal yang negatif. Justru menjadi alasan kuat dari setiap orang untuk menggunakan produk berbahan kulit asli. Dengan pilihan warna kulit alami yang nantinya akan berkembang menjadi coklat tua atau sebagainya.

Jenis Bahan Kulit Apa yang Mengalami Patina Terbaik ?

Full grain leather yang disamak dengan cara pada kulit nabati akan memberikan perkembangan patina terbaik seiring bertambahnya waktu. Hal ini karena ada proses penyerapan yang meliputi beberapa elemen alam. Elemen tersebut seperti sinar matahari, panas dan minyak alami yang dihasilkan oleh tubuh anda.

Jenis kulit full grain adalah yang terbaik di kalangan bahan kulit asli dan itu mutlak. Selain itu juga dianggap memiliki kualitas yang tahan lama karena terbuat dari bagian terkuat dari lapisan kulit binatang. Alasan lainnya yaitu dari segi corak dan pola kulit yang menarik ketimbang lapisan kulit lainnya.

Biasanya jenis bahan full grain yang telah mengalami patina akan memberikan beberapa hal berikut

  • Warna yang semakin alami
  • Kelembutan kulit akan semakin terasa
  • Biasanya menimbulkan warna coklat yang terlihat berkilau akibat minyak terkandung

Selain indikator diatas bisa juga terjadi hal lain yang bisa anda rasakan. Sesuai pada aktivitas dan cara penggunaan setiap individu.

Apakah patina itu menandakan bahwa warna kulit asli telah luntur ?

Satu kata untuk menjawab pertanyaan tersebut yaitu jelas tidak. Karena proses patina kulit asli dan luntur pada warna kulit asli itu sangat berbeda jauh. Untuk memudahkan anda dalam membedakannya, mari kita menganalogikan dengan kondisi lainnya. Patina itu sama halnya seperti wine atau bir asli yang dalam prosesnya dilakukan penyimpanan di ruang khusus.

Patina kulit asli cantik
Perubahan Warna Kulit Asli

Tempat penyimpanan bir ini harus memiliki suhu yang lembab. juga biasanya dibawah tanah. Semakin lama wine disimpan kualitas dan rasanya akan semakin baik. Sama halnya dengan patina yang pasti akan terjadi pada semua jenis produk kulit asli. Bahan kulit yang mengalami patina akan memberikan kualitas yang semakin baik, unik dan artistik.

Berbeda dengan kondisi warna yang luntur. Jika mengalamai kelunturan biasanya perubahan warnanya akan memburuk. Bahkan bersifat merusak kualitas pada barang anda. Sedangkan patina itu justru dengan berubahnya warna pada souvenir kulit asli akan terlihat semakin cantik dan elegan.

Jadi jangan sampai salah mengartikan ya, antara patina dan luntur. Souvenir bahan kulit asli anda jika dirawat dengan baik dan digunakan dalam jangka yang lama justru akan semakin menarik dan beda dari souvenir lainnya. Saya jamin anda tidak akan kecewa memiliki souvenir kulit asli yang tahan lama.

Apa Saja Karakteristik Patina yang baik ?

Sebenarnya setiap proses patina kulit asli yang terjadi pada bahan kulit asli memiliki keistimewaannya sendiri. Bisa dikatakan juga tidak ada yang buruk, karena patina memberikan kesan yang lebih cantik. Pada umumnya kriteria kulit asli yang telah mengalami patina akan memiliki karakteristik sebagai berikut;

  • Memiliki warna yang lebih berkilau
  • Goresan alami selama masa penggunaan akan menambah corak pada permukaan kulit
  • Minyak yang biasanya berasal dari tangan anda saat menggenggam produk kulit akan memberikan perubahan warna yang artistik
  • Souvenir kulit asli yang dirawat dengan baik dan terjaga dalam kondisi kelembapannya akan semakin elegan
  • Penyamakan kulit nabati dengan bantuan dari bahan gandum biasanya memberikan efek patina yang baik. Terlihat lebih classic dan antik seiring bertambahnya usia.
Keunggulan Patina kulit asli

Jadi sekali lagi karakteristik dari patina pada bahan leather asli pasti istimewa dan unik. Hasil dari warna tersebut tergantung pada proses yang dilewati selama masa penggunaan souvenir kulit anda. Secara garis besar patina akan memberikan produk kulit anda semakin sempurna.

Bagaimana Mempercepat Peruubahan warna Pada Kulit Asli ?

Pengaruh dari berbagi unsur alam dan aktivitas yang selalu anda kerjakan merupakan cara yang alami. Membuat patina kulit yang diinginkan dari setiap individu pasti akan berbeda.

Semisal terlalu sering terpapar sinar matahari maka warna pada kulit anda akan terlihat keemasan. Sedangkan jika terkena hujan atau pada kondisi lembab biasanya memunculkan bekas pada kulit anda dan warna akan lebih gelap.

Jenis kulit matte, dan anilin akan menunjukan perubahan warna yang paling sering. Hal ini karena kedua jenis kulit tersebut tidak memakai finishing yang tebal. Bahkan hampir tidak ada lapisan finishingnya. Sehingga permukaan kulit masih terlihat asli dan cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Oleh karena itu cara yang terbaik untuk mendapatkan proses patina kulit asli yang lebih cepat yaitu dengan menggunakan produk anda sesering mungkin. Semakin banyak bersentuhan dengan elemen alam, kulit asli akan semakin menunjukkan perubahan patina.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *