Home Blog Tips 6+ Tips Memakai Topi Toga Yang Perlu Kamu Tahu di Acara Kelulusan! Jangan Anggap Sepele

6+ Tips Memakai Topi Toga Yang Perlu Kamu Tahu di Acara Kelulusan! Jangan Anggap Sepele

tips mengenakan topi toga

Acara kelulusan merupakan moment penting yang harus berkesan. Baik untuk wisuda perguruan tinggi, graduation SMA maupun lainnya. Sekarang ini saat hari kelulusan-mu semakin dekat, perlu banyak persiapan yang matang. Salah satunya memilih pakaian dan toga wisuda yang sesuai dengan ukuranmu. Topi toga memiliki bentuk persegi dengan sudutnya yang sedikit runcing. Hal ini bermakna sebagai simbol untuk wisudawan/ti berfikir secara rasional dan melihat sebuah masalah dari berbagai sudut pandang.

Tetapi mungkin masih banyak yang bingung tentang cara memakai topi toga. Jika demikian, kami di sini untuk membantu, dengan memberikan tips memakai topi toga yang benar. Tujuannya selain menghindarkan tekanan pada kepala anda yang membuat rasa sakit, juga nyaman saat digunakan. Terpenting yaitu kamu harus tahu tali rumbai topi toga harus diletakkan disebah mana baik sebelum prosesi wisuda dan sesudahnya.

acara lempar topi kelulusan

6+ Tips Memakai Topi Toga Yang Benar di Acara Kelulusan Wisuda

Topi toga berbentuk datar untuk bagian permukaan atas dan seperti tabung di bagian bawah. Memakai topi wisuda memang hanya sekali dalam setoap kelulusan. Sehingga perlu dikenakan dengan benar agar nyaman dan tidak mengganggu aktivitas wisuda. Oleh karena itu ikuti petunjuk berikut tentang tips mengenakan topi wisuda dari haiki.id;

1. Berlatih Memakai Topi Sebelum Hari Kelulusan

Biasanya sebelum hari kelulusan tiba ada latihan galdi resik untuk wisudawan/wisudawati. Pastikan kamu mengikuti latihan ini agar mengerti mengenakan topi wisuda seperti yang seharusnya. Mencoba topi kelulusan-mu sebelum hari kelulusan di rumah juga akan membantu.

Kamu bisa memastikan topi itu nantinya akan tetap terpasang dengan baik sepanjang upacara sesuai seleramu. Kemudian juga pastinya harus terlihat bagus saat sesi foto, dengan posisi yang simetris dan tidak miring. Jika kamu menganggap sepele tips pertama, mungkin moment wisudamu akan sedikit kecewa.

2. Gaya Rambut Yang Sesuai

gaya rambut untuk acara wisuda

Ini bukan langkah besar bagi lulusan pria seperti halnya untuk wanita, tetapi ini adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan. Hanya ada beberapa gaya rambut yang cocok diterapkan dengan topi kelulusan. Meskipun kamu mungkin tidak dapat mengenakan gaya rambut ponytail yang tinggi atau up-do, ada beberapa gaya rambut yang terlihat bagus di bawah topi toga.

3. Pasang Topi dengan Benar

Ujung runcing topi Anda dimaksudkan untuk berada di depan kepala Anda sementara karet gelang harus berada di belakang. Topi harus dikenakan langsung di kepala Anda dan tidak dimiringkan ke belakang dan harus terletak sekitar satu inci di atas alis Anda. Ingatlah bahwa topi wisuda biasanya akan membedakan sisi mana yang berada di depan dan sisi mana yang berada di belakang. Cukup balikkan topi Anda dan Anda akan menemukan petunjuknya di sisi bawah.

4. Pastikan Topi Toga Nyaman

Topi kelulusan biasanya terasa seolah-olah akan jatuh dari kepala. Tentunya kamu akan melakukan banyak ativitas selama upacara wisuda dengan kemeriahan dan kebahagian berfoto bersama orang tersayang. Pstikan posisi topi aman dan nyaman saat kamu gunakan.

pose foto wisuda

Dengan catatan tidak kekecilan atau kebesaran, karena hal ini akan membuat mu sering membenarkan posisi topi dan sangat mengganggu. Jika kamu wisudawati, solusinya bisa dengan mengkaitkan topi wisuda dengan rambut menggunakan clip.

5. Posisikan Tali Rumbai Topi Toga Ke Sisi yang Benar

Ini tergantung pada tingkat pendidikan kelulusan. Karena ada tradisi kelulusan yang disebut membalik tali rumbai. Seperti tradisi, ada saatnya dalam upacara ketika para wisudawan diminta untuk membalik tali rumbai mereka dari satu sisi topi mereka ke sisi lain dan ini menandakan perolehan gelar. Pastikan kamu meletakkan posisi tali rumbai di sisi yang benar sebelum upacara dengan contoh detail tali rumbai di topi toga sebagai berikut,

6. Sikat Tali Rumbai Topi Wisuda

Menyikat rumbai memastikan agar tidak kusut. Karena terkadang saat mendapatkan topi toga banyak yang tidak teratur dan kurang rapi. Setelah kamu merapikan tali rumbai pasang dengan baik di bagian tengah topi. Hal ini untuk memastikan tali rumbai tidak lepas saat kamu melakukan prosesi lempar topi toga dengan teman wisudamu.

lempar topi wisuda

7. Kenakan Topi Wisuda dengan Penuh Percaya Diri

Akui pencapaian luar biasa atas kelulusan-mu ini. Tidak setiap waktu kamu bisa merasakan kebahagiaan dan kepuasan moment wisuda. Jadikan hari kelulusan dengan keceriaan dan kepercayaan diri untuk menghadapi tantangan selanjutnya.

Blog Lainnya Untuk Refrensi Wisudamu yang Lebih Berkesan

Ide Souvenir Wisuda Unik, Berkesan yang Menginspirasi

Pemindahan Tali Toga Darimana kemana ?

Untuk tujuan keseragaman dan perayaan wisuda, ada tradisi tali toga selama upacara kelulusan di mana wisudawan/ti memindahkan tali toga dari sisi kiri topi ke sisi kanan untuk menandakan mendapatkan gelar.

pemindahan tali toga

Namun penempatan tali topi toga wisuda berbeda untuk setiap gelar yang diperoleh dan mungkin juga tergantung pada tradisi sekolahmu. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk panduan yang lebih spesifik tentang sisi tali tali toga sebagai berkut:

Wisuda SMA

Untuk upacara kelulusan Sekolah Menengah, jumbai dikenakan di sisi kanan topi sebelum upacara dan kemudian dipindahkan dari sisi kanan ke kiri setelah menerima ijazah atau ketika diarahkan oleh pembicara kelulusan.

Gelar Sarjana Perguruan Tinggi

Untuk gelar sarjana, aturan penempatan tali toga sama dengan permulaan sekolah menengah. Rumbai dikenakan di sisi kanan topi sebelum upacara dan kemudian dipindahkan dari sisi kanan ke kiri setelah menerima ijazah atau ketika diarahkan oleh pembicara wisuda.

Gelar Magister Perguruan Tinggi

Untuk gelar master perguruan tinggi, jumbai dikenakan di sisi kiri topi sebelum, selama dan setelah lulus. Mereka tidak dipindahkan dari sisi kanan ke sisi kiri tutup

Gelar Doktor Perguruan Tinggi

Untuk gelar doktor perguruan tinggi, jumbai atau tali toga juga dikenakan di sisi kiri topi sebelum prosesi wisuda dilaksanakan. Kemudian akan di ubah ke sisi kanan saat prosesi kelulusan berlangsung.

Itulah beberapa tips memakai topi toga yang perlu kamu tahu, jangan anggap sepele ya dan semoga hari wisudamu berkesan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *