Home Blog Tips Tips Membedakan Produk Kulit Asli dan Kulit Imitasi Dengan Mudah

Tips Membedakan Produk Kulit Asli dan Kulit Imitasi Dengan Mudah

tips membedakan produk kulit asli dan produk imitasi

Tips membedakan produk kulit asli dan kulit imitasi sekarang ini bisa dibilang susah gampang. Karena seiring dengan berkembangnya zaman juga mempengaruhi variasi dari bahan material untuk produk fashion yang diproduksi. Hal ini memberikan banyak kemiripan antara produk kulit asli dan kulit imitasi. Terutama pada produk seperti tas, jaket, dompet dan semacamnya.

Apalagi tidak sedikit sebagian besar dari kita bermaksud ingin mencari produk kulit asli tapi malah salah pilih atau ketipu dengan bahan sintetis. Karena sekarang ini masyarakat Indonesia mulai mengincar barang kulit asli. Sehingga jika ada produk kulit asli dijual dengan harga miring, dalam hitungan menit sudah bisa dipastikan terjual cepat.

Disini patut disadari bahwa fenomena dalam bisnis produk kulit asli yang dilakukan oleh beberapa produsen ternyata memang ada yang sedikit nakal. Salah satunya dengan membuat semirip mungkin bahan kulit sintetis seperti kulit asli. Agar tidak ketipu anda harus tahu beberapa tips mudah membedakan produk kulit asli dan kulit sintetis sebagai berikut.

Tips Mudah Membedakan Produk Kulit Asli dan Kulit Sintetis versi Haikiindonesia

Mulailah dengan hal yang simple dan kecil dalam membeli barang apapun itu. Karena biasanya dengan hal kecil justru terkadang akan terlihat dari sisi kualitas. Mulai lah jeli untuk membedakan mana yang memiliki kualitas baik dan buruk. Hal ini sebenarnya berlaku untuk berbagai produk apapun terutama produk kulit.

Kecanggihan teknologi tidak akan bisa dihindari, seiring dengan berjalannya waktu banyak modifikasi yang bisa dibuat. Termasuk menggunakan bahan kulit imitasi untuk produk fashion dan tidak bisa dibedakan dengan kulit asli. Oleh karena itu perlu adanya sedikit pengetahuan dasar untuk melakukannya. Jika anda sudah membaca point pentingnya dibawah kami rasa dapat dipraktekkan dengan mudah dan tidak ribet.

Perhatikan Jahitan Pada Bahan

tips membedakan produk kulit asli dan kulit imitasi
Perhatikan jahitan pada produk kulit

Hal dasar pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan teliti melihat sisi jahitan pada produk yang akan anda beli. Biasanya akan terlihat lebih jelas jika produk kulit yang dibeli berukuran minimalis seperti dompet, tas clutch, pouch dan lainnya.

Untuk bahan kulit asli akan lebih terlihat sedikit guratan di skitar bolongan jahitan. Hal ini karena kerutan tadi disebabkan dari penjahitan yang memang menggunakan benang dan jarum khusus kulit asli. Anda bisa cek dari kerutan tersebut terbentuk searah dengan pola jahitan atau tidak. Jika iya bisa dipastikan jika itu memang bahan kulit asli. Tapi jika tidak maka sebaliknya kulit sintetis.

Kulit imitasi untuk tingkat kelenturannya kurang baik. Kemudian jahitan yang ada di setiap produk kulit sintetis tidak menimbulkan kerutan alias rapi. Karena memang agak kaku sehingga jika diberikan tekanan tidak akan menghasilkan kerutan seperti pada kulit asli

Perhatikan Tekstur Pada Permukaan Bahan

Permukaan pada bahan kulit asli memiliki pori – pori yang terlihat lebih jelas ketimbang kulit sintetis. hampir mirip dengan kulit manusia, karena kulit hewan yang digunakan seperti sapi dan kambing juga bersifat menyerap. Sehingga pori pori tersebut juga terlihat lebih random dalam arah pola bentuknya.

Selain itu lapisan dari kulit asli biasanya berlapis. Jika anda coba mencubit bagian permukaan kulit asli pada produk yang sedang anda pilih, pasti timbul kerutan. Saat kerutan tadi terbentuk anda bisa melihat lapisan putih yang menandakan itu adalah bagian pigmen dalam kulit asli.

Berbeda dengan kulit sintetis anda bisa lakukan hal diatas yang telah kami sebutkan. Kemudian perhatikan apakah ada tandas seperti sifat kulit asli. Karena bahan kulit sintetis memiliki tekstur yang halus, disebabkan tidak memiliki pori pori.

baca juga cara merawat souvenir kulit asli agar tetap awet

Saat terkena sedikit goresan akan terlihat langsung bagian dalamnya. Karena hanya mengandalkan lapisan bahan vinyl atau plastik. Bisa langsung membesar dan menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Hal inilah yang membuat kualitas bahan kulit imitasi dibawah bahan kulit asli.

Aroma Kulit Asli dan Kulit Imitasi Berbeda

Tips membedakan produk kulit asli dan kulit imitasi selanjutnya yaitu dengan mencium dari baunya. Untuk menandakan bau dari produk kulit asli bisa ditentukan dengan mudah karena baunya khas. Lebih spesifiknya berbau seperti kulit kering setelah dijemur dibawah terik matahari atau mesin pemanas.

Hal ini karena proses kulit asli melewati proses seperti penyamakan (tanning) dan juga menggunakan beberapa cara pembersihan seperti bleaching. Dengan adanya proses tersebut juga membuat bahan kulit asli mengeluarkan bau yang khas.

Sedangkan untuk aroma dari kulit sintetis seperti hasil dari proses pabrikan. Biasanya berbau plastik, vinyl dan jauh dari bau seperti kulit. Selain itu teksturnya yang halus dari bahan imitasi bau hasil dari pembuatan mesin pabrik sangat terasa. Karena tercampur dengan berbagai bahan kimia yang juga terkandung pada bahan plastik umumya.

Uji Bahan kulit asli dan kulit imitasi dengan suhu panas

Cara ekstrim yang bisa anda gunakan yaitu dengan menggunakan suhu panas yaitu api. bahan kulit asli yang dipanaskan dengan api tidak akan langsung terbakar. Efeknya akan timbul bau seperti rambut atau kuli terbakar beraroma gosong.

Selain itu dari segi tekstur bahan kulit asli tidak akan langsung rusak. Hanya menimbulkan bercak hitam karena efek gosong tadi. Sedangkan produk berbahan kulit imitasi saat di dekatkan pada api akan langsung meleleh.

Tekstur nya akan cepat sekali rusak dan leleh seperti kita membakar plastik. Kemudian bersamaan dengan itu tercium bau seperti plastik terbakar atau ban karet yang terbakar. Tentu saat di panaskan secara aroma anda akan mudah sekali membedakan mana kulit asli mana kulit imitasi.

Untuk tips membedakan produk kulit asli dan kulit sintetis yang satu ini cukup dengan dekatkan pada api saja. Karena peningkatan suhu yang signifikan sudah bisa dilihat efek perbedaannya dari kedua bahan tersebut.

Kesimpulan

Jadi dengan membaca artikel tips sederhana yang kami berikan semoga bisa memberikan manfaat kepada anda. Tips sederhana ini bisa anda gunakan cukup mudah dan simple. Yang terpenting selektif dan telitilah dalam membeli produk kulit asli.

Untuk lebih amannya belilah produk kulit asli seperti tas, dompet, sepatu dan jaket di toko yang terpercaya. Bisa dilihat dari rekomendasi teman, review toko tersebut dan kredibilitasnya. Ingat jangan sampai teriming iming harga murah tapi tertipu dengan kualitasnya.

Tips membedakan produk kulit asli dan kulit imitasi ini sengaja haikiindonesia.com buat untuk memperkenalkan anda tentang kami. Selain memberikan tips kami juga sudah berpengalaman dalam pembuatan souvenir kulit asli. Apalagi untuk hadiah souvenir perusahaan souvenir kantor dan souvenir seminar kit. Semuanya terbuat dari kulit sapi asli.

Jika tips ini bermanfaat jangan lupa untuk dishare ya dan dicomment. Terimakasih sehat selalu

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *